Rabu, 08 Maret 2023

Maret 08, 2023




FULL JOIN

Full join merupakan salah satu jenis operasi join dalam database yang menghasilkan gabungan dari dua tabel atau lebih yang mencakup semua baris dari kedua tabel, bahkan jika tidak ada pasangan data yang cocok antara keduanya.

 

Contoh: 

Data Tabel Karyawan:


 
Data Tabel Gaji:


Full join antara tabel karyawan dan tabel gaji akan menghasilkan tabel gabungan seperti di bawah ini:

                                                                                                               
Pada tabel gabungan di atas, full join menghasilkan semua baris dari kedua tabel, bahkan jika tidak ada pasangan data dalam salah satu tabel. Jika Karyawan_id pada tabel karyawan tidak ada dalam tabel gaji, maka kolom Gaji Pokok, Tunjangan Jabatan, dan Tunjangan Kinerja pada baris tersebut akan bernilai NULL. Hal ini memungkinkan untuk melihat secara lengkap data gaji karyawan bahkan jika tidak ada data pada salah satu tabel.

Untuk lebih mudah memahaminya, perhatikan diagram venn berikut:

Fungsi FULL JOIN

Fungsi FULL JOIN merupakan jenis operasi gabungan dalam bahasa SQL yang menggabungkan semua baris dari dua tabel yang dihubungkan dengan kondisi JOIN, termasuk baris yang tidak memiliki pasangan di tabel lainnya. Dalam FULL JOIN, seluruh data dari kedua tabel akan dipertahankan dan dikombinasikan menjadi satu tabel hasil join dengan semua baris dari kedua tabel.


Pada contoh di atas, tabel table1 dan table2 dihubungkan dengan kondisi ON table1.column_name = table2.column_name dan seluruh baris dari kedua tabel akan ditampilkan dalam hasil join. Jika terdapat baris pada tabel pertama yang tidak memiliki pasangan di tabel kedua, maka nilai kolom-kolom pada tabel kedua akan diisi dengan NULL, dan sebaliknya jika ada baris pada tabel kedua yang tidak memiliki pasangan di tabel pertama, maka nilai kolom-kolom pada tabel pertama akan diisi dengan NULL.

kesimpulan

Dalam FULL JOIN, data dari kedua tabel akan digabungkan berdasarkan kunci (key) yang cocok dan tidak cocok, dan setiap baris yang tidak memiliki pasangan data di tabel lainnya akan diisi dengan nilai NULL.

0 komentar:

Posting Komentar