Rabu, 08 Maret 2023

Maret 08, 2023



LEFT JOIN

LEFT JOIN atau biasa juga dikenal dengan LEFT OUTER JOIN merupakan perintah join untuk menampilkan semua data sebelah kiri dari table yang di joinkan dan menampilkan data sebelah kanan yang cocok dengan kondisi join. Jika tidak ditemukan kecocokan, maka akan di set NULL secara otomatis.

 Contoh:

 


Queri diatas akan menghasilkan ouput seperti berikut:


                                                                                                                                                                    record yang ditampilkan sebanyak 6 record. Karena LEFT JOIN akan menampilkan semua table sebelah kiri dari kondisi join yaitu table karyawan.

Semua data pada table karyawan akan ditampilkan, meskipun tidak ada kecocokan key pada table gaji. 

Selain kondisi diatas, LEFT JOIN juga bisa menampilkan data yang hanya kondisi key pada table tamu (foreign key) kosong (NULL).

 Contoh:

 


 

Query diatas akan menghasilkan output seperti berikut:

 

Data yang ditampilkan hanya 1 record. Hal ini dikarenakan, hanya ada satu data yang belum memiliki kecocokan key pada table tamu.

Untuk mempermudah anda memahami perbedaan antara kedua LEFT JOIN ini coba perhatikan diagram venn berikut:

 


Dengan melihat perbedaan dari diagram venn tersebut, maka Anda akan mudah memahami bagaimana left join ini bekerja.

 Ingat LEFT JOIN ini sangat penting untuk anda pahami, karena disaat Anda mulai mengerjakan project yang cukup kompleks, maka anda akan banyak berkutat dengan left join ini.

 Contoh pada kasus diatas, hanya dengan memanfaatkan left join kita bisa menampilkan semua data karyawan yang sudah ada gajinya dan siapa yang belum ada gajinya.

 Selain itu anda juga dapat menampilkan semua data karyawan yang belum ada gajinya dengan fungsi LEFT JOIN WHERE NULL.

Fungsi LEFT JOIN

Fungsi LEFT JOIN merupakan jenis operasi gabungan dalam bahasa SQL yang menggabungkan semua baris dari tabel yang terletak di sebelah kiri (LEFT) dengan pasangan baris dari tabel yang terletak di sebelah kanan (RIGHT) yang sesuai dengan kondisi JOIN. Dalam LEFT JOIN, semua baris dari tabel yang terletak di sebelah kiri akan dipertahankan, bahkan jika tidak ada pasangan baris di tabel yang terletak di sebelah kanan yang sesuai dengan kondisi JOIN.


Pada contoh di atas, tabel table1 dan table2 dihubungkan dengan kondisi ON table1.column_name = table2.column_name dan semua baris dari tabel table1 akan ditampilkan dalam hasil join, bahkan jika tidak ada pasangan baris yang sesuai di tabel table2. Jika ada baris pada tabel table1 yang tidak memiliki pasangan di tabel table2, maka nilai kolom-kolom pada tabel table2 akan diisi dengan NULL.


kesimpulan

LEFT JOIN merupakan perintah join untuk menampilkan semua data sebelah kiri dari table yang di joinkan dan menampilkan data sebelah kanan yang cocok dengan kondisi join. Jika tidak ditemukan kecocokan, maka akan di set NULL secara otomatis.

0 komentar:

Posting Komentar