Rabu, 08 Maret 2023

Maret 08, 2023


OUTER JOIN

Outer join adalah operasi penggabungan tabel (join) di mana seluruh data dari kedua tabel (atau lebih) akan ditampilkan bahkan jika tidak ada pasangan data yang cocok di antara tabel tersebut. Dalam outer join, semua data dari salah satu tabel (atau kedua tabel) ditampilkan, termasuk data yang tidak memiliki pasangan di tabel lain.

Contoh outer join adalah sebagai berikut:

Misalkan ada dua tabel, Tabel A dan Tabel B, seperti di bawah ini:

Tabel A

   Tabel B

Kita ingin melakukan outer join antara Tabel A dan Tabel B berdasarkan kolom "nama". Kita dapat menggunakan SQL berikut:


Hasil dari outer join ini adalah:

Dapat dilihat bahwa data dari Tabel A seluruhnya ditampilkan dalam hasil, sedangkan data dari Tabel B hanya ditampilkan jika ada pasangan data yang cocok berdasarkan kolom 

"nama". Data Euis pada Tabel B tidak ada pasangannya di Tabel A, sehingga kolom Tabel A.id, Tabel A.nama, dan Tabel A.nilai akan berisi nilai NULL dalam hasil output.

Fungsi OUTER JOIN

Fungsi OUTER JOIN merupakan jenis operasi gabungan dalam bahasa SQL yang menggabungkan semua baris dari dua tabel yang dihubungkan dengan kondisi JOIN, termasuk baris yang tidak memiliki pasangan di tabel lainnya. Dalam OUTER JOIN, ada dua jenis yaitu LEFT OUTER JOIN dan RIGHT OUTER JOIN.


Pada contoh di atas, tabel table1 dan table2 dihubungkan dengan kondisi ON table1.column_name = table2.column_name dan semua baris dari tabel table1 akan ditampilkan dalam hasil join, termasuk baris dari tabel table1 yang tidak memiliki pasangan di tabel table2. Jika ada baris pada tabel table1 yang tidak memiliki pasangan di tabel table2, maka nilai kolom-kolom pada tabel table2 akan diisi dengan NULL.


Pada contoh di atas, tabel table1 dan table2 dihubungkan dengan kondisi ON table1.column_name = table2.column_name dan semua baris dari tabel table2 akan ditampilkan dalam hasil join, termasuk baris dari tabel table2 yang tidak memiliki pasangan di tabel table1. Jika ada baris pada tabel table2 yang tidak memiliki pasangan di tabel table1, maka nilai kolom-kolom pada tabel table1 akan diisi dengan NULL.


Kesimpulan

Outer join memungkinkan pengguna untuk menggabungkan dua tabel dengan mengambil semua baris dari kedua tabel, termasuk baris yang tidak memiliki pasangan di tabel lainnya. Outer join terdiri dari dua jenis, yaitu LEFT OUTER JOIN dan RIGHT OUTER JOIN.





0 komentar:

Posting Komentar