Selasa, 14 Februari 2023

Februari 14, 2023



  Docker adalah platform open-source yang memungkinkan pengembang untuk membangun, mengemas, dan menjalankan aplikasi di dalam wadah yang dapat dipindahkan antara lingkungan pengembangan dan produksi dengan mudah dan konsisten. Wadah Docker terdiri dari semua yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi, termasuk kode, lingkungan runtime, perpustakaan, dan dependensi lainnya. Dengan menggunakan Docker, tim pengembang dapat lebih mudah mengembangkan, menguji, dan mendistribusikan aplikasi mereka dengan cepat dan mudah.

Download Image Nginx, Phypmyadmin, Apache Tomcat Untuk Membuat Web Server Dan Database Mysql Pada Docker Hub

Menginstal docker tunggu sampai kita di suruh untuk mengrestart laptop


            Jika sudah restart laptop selanjut masuk ke docker jika tulisan docter stoped  harus meng update docker agar bisa digunakan dengan command

            Perintah: wsl –update 


Tunggu sampai selesai jika sudah selesai masuk kembali ke docker dan tunggu sampai 
seperti gambar di bawah
                 

  jika sudah seperti ini maka sudah selesai meng update

 
Download Image Nginx, Phypmyadmin, Apache Tomcat Untuk Membuat Web Server Dan Database Mysql Pada Docker Hub 
 
dapat mengunduh image-image Docker untuk Nginx, phpMyAdmin, Apache,Tomcat, dan MySQL dari Docker Hub dengan menjalankan perintah-perintah Docker pada terminal command comand nya ada di gambar di bawah:


      gambar di atas merupakan contoh jika sudah ter install jika belum ter install maka akan mendowload terlebih dahu
        

 Membuat Container Untuk Development, Port Nya 8081 Melewati Port Private 8080.

Untuk membuat container untuk pengembangan dan mengekspos port 8081 pada host, dengan melewatkan port private 8080 pada container, kita dapat menggunakan perintah docker run dengan opsi -p.

Berikut adalah contoh perintah untuk membuat container menggunakan image my-image dan mengekspos port 8081 pada host melalui port private 8080 pada container:


Dalam perintah di atas, -p 8081:8080 mengartikan bahwa port 8081 pada host akan diarahkan ke port 8080 di dalam container. Oleh karena itu, ketika container dijalankan, aplikasi web pada port 8080 di dalam container akan dapat diakses melalui alamat http://localhost:8081 pada host.

Pastikan port 8080 di dalam container sudah dikonfigurasi dengan benar dan sesuai dengan aplikasi web yang ingin kita jalankan. kita juga dapat menyesuaikan port yang ingin kita gunakan pada host dan container sesuai dengan kebutuhan , dan kita coba ke browser menggunakan perintah: localhost:8080


jika sudah seperti ini tanda nya berhasil


Membuat Database Mysql Pada Container Yang Sudah Dibuat, Lalu namakan Database dengan nama egisubastian serta buatkanlah table di dalam databse itu yang berisi tentang biodata egisubastian. 


sebelum membuat databaase kita masuk terlebih dahulu ke dalam mysql yang telah di instal tadi masukan perintah: docker cointainer run --name egisubastian-mydb-container -e MYSQL_ROOT_PASSWORD=12345 -d mysql:latest perintah ini untuk menjalan container MySQL 


selanjutnya membuat database dan table dapat memasukan perintah berikut ini:


perintah: create database egisubastian perintah ini untuk membuat database dengan nama egisubastian dan use egisubastian untuk masuk kedalam database egisubastian


perintah di atas bertujuan membuat biodata yang memiliki 5 flied  yang berisi nama,ttl,alamat,jk,agama dan semuanya memiliki tipe data varchar (50)
                                          

perintah diatas bertujuan untuk mengisi biodata dan select * from biodata; untuk mengecek biodata nya


Membuat databse interface PhpMyAdmin

membuat data base dengan tampilan phpmyadmin masukan perintah seperti di bawah ini:


Dengan menjalankan perintah di atas, kita akan berhasil membuat container Docker yang berisi aplikasi web phpMyAdmin. Container ini dapat diakses melalui browser web pada alamat http://localhost:8080. Setelah terhubung dengan server database MySQL yang berjalan pada container yang berbeda, kita dapat mulai mengelola database MySQL menggunakan web phpMyAdmin.


nah sudah bisa masuk ke localhost dan coba masukan username dan passwd yang telah di buat sebelumnya

jika passwd dan usename benar akan masuk ke halaman ini 


Upload Image/repository Versi Egisubastian Ke Docker Hub.

sebelum mengapload image ke docker hub kita harus membuat imagenya terlebih dahulu,perntah:


perintah di atas untuk membuat docker image


perintah diatas karna username akun Docker Hub saya egisubastian jadi nama untuk Images nya menjadi web-egi/db-web-egi:latest. jika proses di atas sudah selesai kita langsung push aja seperti gambar di bawah


setelah selesai push coba akses ke browser docker hub dan search
 

nah jika sudah seperti ini sudah berhasil


Create Container Yang Di Dalamnya Berisi Sistem Operasi Centos Lalu di Installkan Package Telnet Didalamnya.


lalu jalankan centos seperti gambar dibawah


 Kemudian tahap menginstall telnet 


 setalah itu masukan perintah: dnf distro-sync


dan sekarang install telnet masukan saja perintah: yum install telnet



0 komentar:

Posting Komentar