Rabu, 08 Maret 2023

Maret 08, 2023




INNER JOIN

INNER JOIN adalah tipe join yang akan kita bahas pertama. Tipe join ini akan mengambil semua row dari table asal dan table tujuan dengan kondisi nilai key yang terkait saja, dan  jika tidak maka row tersebut tidak akan muncul. 

Kalau tidak terdapat kondisi key terkait antar table, maka semua row dari kedua table dikombinasikan.

Contoh:

 

Query diatas akan menghasilakn output seperti berikut:


record yang ditampilkan sebanyak 5 record. Karena INNER JOIN hanya memperhitungkan kondisi key yang terkait antara table karyawan dengan table gaji.
 

Sedangkan karyawan denganaryawan_id=’006’ tidak ditampilkan, karena tidak terkait dengan table gaji.

berikut ini contoh dari Tabel order

Inner join digunakan untuk menggabungkan dua atau lebih tabel yang memiliki kolom yang sama dalam suatu basis data. Berikut adalah contoh data inner join antara tabel "orders" dan "customers" yang memiliki kolom "customer_id" sebagai kolom yang sama: Tabel "orders"



Tabel "customers"


Contoh Query Inner Join:
sqlCopy code
SELECT orders.order_id, customers.customer_name, orders.order_date, orders.total_amount FROM orders INNER JOIN customers ON orders.customer_id = customers.customer_id; 

Ouput:


Pada contoh di atas, hasil output hanya menampilkan data dari tabel "orders" dan "customers" yang memiliki nilai yang sama pada kolom "customer_id". Baris data dengan nilai "customer_id" yang tidak ditemukan di tabel "customers" tidak akan muncul pada hasil output.

Jika dibuat diagram venn-nya akan terlihat seperti gambar berikut:


Fungsi dari INNER JOIN sebagai berikut:

Fungsi inner join adalah untuk menghasilkan output yang terdiri dari gabungan data dari dua atau lebih tabel dengan hanya mempertahankan data yang memiliki nilai yang sama pada kolom yang dijadikan acuan. Dengan menggunakan inner join, kita dapat memperoleh informasi yang lebih terinci dan relevan mengenai suatu objek atau topik dari beberapa tabel yang berbeda. Inner join sering digunakan dalam pengolahan data di database relasional dan sangat membantu dalam menjawab pertanyaan bisnis yang kompleks.


kesimpulan

INNER JOIN adalah tipe join yang akan kita bahas pertama. Tipe join ini akan mengambil semua row dari table asal dan table tujuan dengan kondisi nilai key yang terkait saja, dan  jika tidak maka row tersebut tidak akan muncul. 

0 komentar:

Posting Komentar