Rabu, 01 Maret 2023

Maret 01, 2023


Data 

    Data adalah kumpulan informasi atau fakta yang disimpan dan direpresentasikan dalam bentuk yang dapat diproses oleh komputer atau manusia. Data dapat berupa angka, teks, gambar, audio, atau jenis informasi lainnya yang dapat diwakili dalam format digital.Data dapat dihasilkan dari berbagai sumber, termasuk sensor, perangkat lunak, jaringan komputer, manusia, dan sebagainya. Data yang dikumpulkan kemudian dapat disimpan dalam basis data, file, atau sistem penyimpanan lainnya untuk pengolahan dan analisis lebih lanjut.Data memiliki peran penting dalam banyak bidang, termasuk bisnis, ilmu pengetahuan, teknologi, kesehatan, pemerintahan, dan banyak lagi. Data juga merupakan dasar bagi banyak teknologi dan aplikasi yang digunakan sehari-hari, seperti mesin pencari, media sosial, dan e-commerce.

id

judul buku

pengarang

penerbit

tahun terbit

harga

1

Cerita

Budi Setiawan

Penerbit A

2019

120000

2

Dongeng

Candra Dewi

Penerbit B

2020

85000

3

puisi

Tony Tampubolon

Penerbit C

2021

175000

4

khotbah

Rizki Abdulah

Penerbit D

2021

150000

Tabel di atas merupakan contoh dari sebuah tabel "buku" yang mungkin ada di dalam sebuah database toko buku. Kolom-kolom dalam tabel tersebut berisi data yang berkaitan dengan buku, seperti ID buku, judul buku, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, dan harga buku. Setiap baris dalam tabel merepresentasikan data satu buku beriut adalah jenis-jenis tipe data

Jenis-Jenis Data:

Tipe data teks: Data yang terdiri dari karakter atau string, seperti nama, alamat, deskripsi, dan lain-lain.Tipe data numerik: Data yang terdiri dari bilangan bulat atau desimal, seperti harga, jumlah, usia, dan sebagainya.

Tipe data tanggal dan waktu: Data yang berkaitan dengan tanggal dan waktu, seperti tanggal lahir, waktu pembelian, dan sebagainya.

Tipe data boolean: Data yang hanya memiliki dua nilai, yaitu benar atau salah, seperti status pembayaran atau status keanggotaan.

Tipe data gambar atau video: Data yang terdiri dari gambar atau video, seperti foto profil, gambar produk, dan sebagainya.

Tipe data relasional: Data yang berhubungan dengan tabel lain dalam database, seperti ID atau kunci asing.

Tipe data BLOB: Data yang berisi binary large object, seperti file PDF, file gambar, dan lain-lain.

Tipe data geospasial: Data yang berkaitan dengan lokasi atau koordinat geografis, seperti koordinat GPS, alamat, dan sebagainya.






.




0 komentar:

Posting Komentar